5 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Jantung Berdebar

  • Whatsapp
5-Hal-Ini-Bisa-Menjadi-Penyebab-Jantung-Berdebar
Foto dari canva Photos Unlimited

Seiring kemajuan zaman, kini banyak hal yang perlu Anda waspadai agar terhindar dari penyakit. Anda wajib memperhatikan kesehatan tubuh Anda. Apabila Anda mengalami gejala-gejala penyakit tertentu, pastikan segera periksa ke dokter.

5 Hal ini Bisa Menjadi Penyebab Jantung Berdebar

Jantung berdebar terkadang terjadi saat Anda mengalami kasmaran. Pada kasus lainnya jantung berdebar terjadi pada penderita penyakit jantung. Jangan sepelekan apabila Anda mengalami jantung berdebar  secara tiba-tiba. 5 hal ini bisa menjadi penyebab jantung berdebar.

  • Gaya Hidup

Gaya hidup sehat merupakan salah satu faktor untuk mempertahankan tubuh tetap dalam kondisi sehat. Penyakit dapat menyerang kapan saja apabila Anda memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu keluhan yang mungkin akan muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat adalah jantung berdebar.

Gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu terjadinya jantung berdebar adalah kebiasaan merokok yang berlebihan, waktu istirahat atau tidur yang tidak mencukupi, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, dan terlalu menyukai makan makanan pedas. Rajin melakukan olahraga akan tetapi dengan porsi yang berat juga beresiko terhadap kerja jantung Anda.

  • Faktor Psikologi

Tak hanya faktor gaya hidup saja yang menyebabkan terjadinya jantung berdebar, faktor psikologi juga memicu terjadinya jantung berdebar secara tiba-tiba. Suasana hati yang tidak karuan seperti cemas, stres atau gelisah, hingga serangan panik bisa membuat jantung berdetak tidak normal.

  • Penyakit Jantung

Anda perlu waspada jika mengalami jantung berdebar. Jantung berdebar yang tidak kunjung membaik menandai adanya penyakit jantung. Penyakit jantung yang ditAndai dengan jantung berdebar dalam waktu berkepanjangan adalah kardiomiopati, gagal jantung, penyakit jantung bawaan, dan penyakit katup jantung.

  • Konsumsi Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi bisa menimbulkan efek samping berupa jantung berdebar. Obat tersebut antara lain antibiotik, antidepresan, obat tekanan darah tinggi, obat asma, hingga obat anti jamur.

  • Gangguan Irama Jantung

Aritmia atau gangguan irama jantung dapat memicu terjadinya jantung berdebar. Kasus gangguan irama jantung antara lain adalah takikardia supraventrikular, takikardi ventrikel, dan fibrilasi atrium. Jantung berdebar  dalam kondisi normal akan membaik atau kembali normal dalam waktu yang tidak lama.

Itulah 5 penyebab jantung berdebar yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang mengalami jantung berdebar dalam waktu berkepanjangan segera lakukan konsultasi kepada dokter yang ahli di bidangnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *