4 Kiat Memilih AC untuk Kamar Kost

  • Whatsapp
4-Kiat-Memilih-AC-untuk-Kamar-Kost
Foto dari Canva Photos Unlimited

AC merupakan sebuah peralatan elektronik yang cukup dibutuhkan terutama bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar dengan cuaca dan udara yang cenderung panas. AC juga banyak dibutuhkan di ruangan-ruangan seperti kamar kost yang biasanya tidak memiliki ventilasi cukup besar sehingga membuat udara dalam kamar kost seringkali terasa gerah. Saat ini ada banyak pilihan AC yang bisa Anda gunakan di berbagai ruangan, misalnya di kamar kost Anda.

Memilih AC untuk Kamar Kost

Meski begitu, memilih AC tidak bisa sembarangan. Pemilihan AC sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan ruangan yang akan dipasangi AC. Selain itu, Anda yang ingin memasang AC di kamar kost juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Sesuaikan AC dengan ukuran kamar dan jumlah penghuni

Setiap jenis dan model AC telah dirancang dan didesain untuk berbagai keperluan ruangan yang berbeda. Maka, sebelum Anda memilih AC yang hendak Anda pasang, lebih baik Anda mengukur terlebih dahulu ukuran kamar kost Anda. Untuk kisaran luas kamar kost yang biasanya berukuran sekitar 2X3 atau 3X4 meter, Anda cukup membeli AC yang memiliki PK kecil untuk membuat suhu kamar tersebut dingin dan nyaman.

Selain ukuran, Anda juga perlu memperhitungkan jumlah penghuni kamar kost tersebut. Semakin banyak orang yang menghuni kamar kost Anda, maka Anda perlu menyesuaikannya dengan membeli AC yang memiliki PK lebih besar dibanding jika Anda menghuni kamar kost itu sendiri.

2. Memeriksa daya listrik yang tersedia di kost

AC merupakan perangkat elektronik yang membutuhkan daya listrik untuk beroperasi. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli AC, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu berapa kekuatan daya listrik yang disediakan di kamar kost Anda. Umumnya kamar-kamar kost hanya difasilitasi daya listrik yang tidak terlalu besar. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih AC yang memiliki fitur low watt.

Dengan menggunakan AC dengan fitur low watt, Anda bisa menyalakan AC sambil tetap menggunakan listrik untuk keperluan lain, seperti memasak nasi dengan rice cooker atau menonton televisi. AC seperti ini juga lebih hemat konsumsi listrik sehingga tidak akan membuat pengeluaran listrik Anda membengkak.

3. Tentukan anggaran yang Anda miliki

Setiap AC dengan model dan jenis berbeda tentu memiliki harga yang berbeda pula. Jika berencana untuk membeli dan memasang AC untuk kamar kost Anda, tentukan terlebih dahulu berapa anggaran yang Anda miliki untuk membeli AC tersebut.

Selain anggaran untuk membeli AC, Anda juga harus memperhitungkan anggaran yang perlu Anda keluarkan untuk konsumsi AC Anda sehari-hari.  Dengan menentukan anggaran ini, Anda bisa memilih dan membeli AC sesuai dengan anggaran finansial yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Pilih yang mudah dibongkar pasang

Kamar kost yang Anda huni bukanlah tempat tinggal Anda selamanya dan bukan bangunan milik Anda. Suatu hari Anda mungkin saja akan pindah dari kamar kost tersebut dan pindah ke tempat kost lain.

Agar tidak merepotkan Anda ketika nantinya akan berpindah tempat kost, sebaiknya Anda memilih AC yang mudah untuk dibongkar pasang. AC yang mudah dibongkar pasang juga bisa meminimalisir kerusakan bangunan kamar kost Anda seperti tembok yang rusak karena proses pemasangan AC.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin memasang AC di tempat atau kamar kost Anda. Saat ini ada banyak pilihan AC untuk kamar kost Anda ataupun ruangan-ruangan lain yang bisa Anda beli di toko elektronik atau marketplace.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *