4 Cara Merawat Sepeda dengan Tepat

4-Cara-Merawat-Sepeda-dengan-Tepat
Foto dari Canva

Bersepeda menjadi salah satu aktivitas santai namun tetap dapat menghasilkan keringat yang masuk dalam kategori olahraga.

Tak jarang banyak orang memiliki hobi bersepeda dan berburu sepeda dengan model dan desain yang unik. Ada bermacam produk di toko ini dan untuk memudahkan pencarian, silahkan langsung saja mengunjungi laman onlinenya agar mengetahui harga dan detail produk.

Sepeda memerlukan perawatan agar tidak mudah rusak dan terpaksa membeli baru lagi. Bagi para pemilik sepeda, jangan hanya senang untuk mengendarainya. Namun juga berkewajiban melakukan perawatan dengan benar. Sudah mengetahui caranya atau belum? Simak 5 cara berikut untuk merawat sepeda Anda dengan tepat:

1. Rutin melumasi sepeda

Bagian-bagian sepeda yang harus rutin diberi pelumas adalah kabel-kabel rem dan rantai. Akan sangat membahayakan jika rantai jarang diberi pelumas. Pasalnya, rantai yang terlalu kering akan mengikis gir sepeda. Kemudian juga mengganggu orang lain karena suaranya yang berisik.

Gunakan oli yang baru untuk melumasi sepeda dan hindari oli bekas. Dalam kandungan oli bekas terdapat butiran kotoran-kotoran cukup kecil. Hasilnya akan membuat gesekan kabel rem akan bertambah seret. Ada alternatif lain jika Anda tidak memiliki oli baru, yakni menggunakan lilin untuk bagian kabel rem.

2. Menjaga kebersihan sepeda

Ada banyak manfaat dari menjaga sepeda tetap terlihat bersih. Salah satunya adalah nyaman digunakan dan enak dipandang. Sebelum dibersihkan, jangan lupa melepas aksesoris yang ada seperti lampu dan bel yang pada bagian stang sepeda. Kemudian, baru Anda dapat memulai proses pencucian sepeda.

Pada saat membersihkan area rantai dan gir sepeda, pilihlah lap basah yang sudah ditambahkan sabun. Kemudian putar pedal dan tempelkan kain lap pada rantai. Hal ini bertujuan membuat kotoran pada rantai rontok perlahan-lahan dan tidak membuat sepeda cepat rusak.

3. Memeriksa rem secara berkala

Rem adalah komponen pengamanan pada sepeda agar pengguna sepeda tidak terjatuh. Bagian ini harus selalu diperhatikan pemilik sepeda dengan cara memantau kampas rem. Jika kampas rem masih cukup tebal, maka menandakan rem masih berguna dengan baik. Sedangkan jika sudah tipis sebaiknya segera membawanya ke bengkel untuk menambah kampas.

Pemeriksaan berkala pada bagian rem sepeda akan membuat sepeda tetap awet digunakan. Jika kampas rem sudah tipis namun tetap digunakan, maka akan membuat kerusakan pada bagian-bagian sepeda yang lain. Seperti halnya pada rantai yang terpaksa berhenti mendadak akan lebih mudah rusak.

4. Memastikan tekanan ban

Saat sudah membeli sepeda di Elbike Official Store, cara menjaga sepeda agar awet adalah dengan mengetahui tekanan angin pada ban. Jika hendak bersepeda, hal pertama yang harus diperiksa adalah tekanan angin ban. Pastikan tekanan angin ban dalam keadaan pas sehingga dapat mengoptimalkan performanya.

Fungsi tekanan angin pada ban cukup banyak untuk kesehatan ban sepeda Anda. Salah satunya yakni menjaga bentuk dan elastisitas ban tersebut. Ban sepeda yang berisi tekanan angin yang cukup juga dapat membuat ban lebih awet meskipun disimpan dalam waktu lama.

Silahkan terapkan 4 cara di atas agar menunda kerusakan dini pada sepeda kesayangan Anda. Bagi yang masih berencana membeli sepeda juga bisa mempelajari cara-cara di atas agar tau cara merawat sepeda dengan benar. Salah satu rekomendasi toko sepeda dengan berbagai pilihan produk dengan harga ekonomis bisa Anda periksa di Elbike Official Store.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.